• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-penanganan-gawat-darurat-obstetri-neonatal-ppgdon

16 Okt 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PENANGANAN GAWAT DARURAT OBSTETRI NEONATAL (PPGDON)

Rumah Sakit Daerah dr.Soebandi Jember menyelenggarakan kegiatan berkualitas yang bermanfaat untuk menunjang kompetensi bagi tenaga kesehatan. RSD dr.Soebandi bekerjasama dengan Bidang Pendidikan dan Pelatihan RSUD Dr.Soetomo Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Penanganan Gawat Darurat Obstetri Neonatal (PPGDON). Pelatihan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, 2 (dua) hari secara daring dan 1 (satu) hari secara luring. Pelatihan dimulai pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 dan berakhir pada hari Sabtu,14 Oktober 2023 bertempat di Aula Darusy Syifa RSD dr.Soebandi Jember. Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh 33 peserta, yang terdiri dari Bidan di Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Jember, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo.

Pelatihan PPGDON merupakan pelatihan yang diperuntukkan bagi bidan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk membawa perubahan di bidang kesehatan, terutama dalam kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini peserta pelatihan dapat memberikan pertolongan atau Asuhan Kebidanan yang tepat dan benar dalam kasus kegawatdaruratan maternal dan neonatal, sehingga pada akhirnya apabila terjun ke masyarakat dapat membantu menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Pelatihan dibuka dengan laporan dari Kepala Bidang Diklit RSD dr.Soebandi, dr.Saraswati Dewi, Sp.A (K) menyampaikan tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi nakes dalam hal ini Bidan. Selanjutnya sambutan dari Koordinator Pelatihan dari Bidang Pendidikan dan Pelatihan RSUD Dr.Soetomo Surabaya, Ibu Warsiti, S.Keb.Bd.MM, beliau sangat senang dapat bekerja sama dengan RSD dr.Soebandi dalam penyelenggaraan Pelatihan PPGDON ini dan berharap kerjasama ini terusberlanjut untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan. Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Jawa Timur juga turut memberikan sambutan dalam acara Pelatihan, Ibu Lestari, SST,SH.,M.Kes memberikan pesan tenaga medis harus mencari keterampilan bagaimana menangani kasus kasus tertentu, harus belajar, butuh perhatian mencari ilmu terkini, agar supaya tetap mempertahankan skill Bidan. Plt.Direktur dalam hal ini diwakili oleh Wadir SDM dan Pendidikan RSD dr.Soebandi Jember memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan, dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan Bidan untuk membantu ibu Hamil dari proses hamil hingga bersalin dengan lancar dan sehat.

Pelatihan yang menghadirkan para Trainer dan narasumber handal berpengalaman dari RSUD Dr.Soetomo Surabaya yang merupakan dokter maupun tenaga medis yang kompeten di bidangnya. Diawali dengan pre test dan penyampaian materi di hari pertama kemudian dilanjutkan denganworkshop/ praktik secara langsung pada hari ke 3, serta diakhiri dengan post test dan evaluasi di hari terakhir. Hampir semua peserta menyatakan kepuasannya setelah mengikuti pelatihan ini.