• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-penggunaan-usg-dalam-pemeriksaan-ibu-hamil-untuk-puskesmas

23 Agt 2022

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PENGGUNAAN USG DALAM PEMERIKSAAN IBU HAMIL UNTUK PUSKESMAS

Pada tanggal 22-23 Agustus 2022, RSD dr. Soebandi menyelenggarkan pelatihan penggunaan USG dalam pemeriksaan ibu hamil di puskesmas. Pelatihan ini diikuti oleh dokter dan bidan Puskesmas Se-Kabupaten Jember karena Pemerintah Kabupaten Jember mendapatkan bantuan pengadaan USG untuk menunjang fasilitas di Puskesmas. Hal itu berkaitan dengan tingginya angka kematian ibu dan bayi yang sangat tinggi di Kabupaten Jember. Sehingga diperlukan deteksi dini kehamilan resiko tinggi yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas agar mendapatkan penanganan sedini mungkin, sehingga resiko kematian dapat dicegah sedini mungkin. Salah satunya dengan adanya pelayanan pemeriksaan kehamilan menggunakan ultrasonografi.

RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit Rujukan dan juga Rumah Sakit Pendidikan milik Pemerintah Kabupaten Jember yang memiliki visi menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rumah sakit rujukan nasional yang menjamin mutu serta keselamatan pasien, memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan pendidikan bagai tenaga kesehatan agar memiliki kompetensi yang cukup untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Tentu saja hal itu juga berkaitan dengan angka kematian ibu dan bayi yang cukup tinggi di Kabupaten Jember, sehingga sebagai rumah sakit rujukan apabila puskesmas memiliki kompetensi yang lebih kuat untuk memberikan pelayanan kesehatan maka akan sangat mendukung pelayanan di RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit rujukan di Jawa Timur bagian timur.

Para Dokter dan Bidan Puskesmas tampak antusias menyimak materi pelatihan yang terselenggara atas kerjasama dari RSD dr. Soebandi, Dinas Kesehatan, PT Philips dan Yayasan Mutiara tersebut. Semoga dengan terselenggaranya pelatihan ini, angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Jember dapat menurun, sehingga derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Jember dapat ditingkatkan.