• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-pengisian-profil-rekam-medik-rawat-jalan-demi-terselenggaranya-pelayanan-yang-terintegrasi

18 Agt 2022

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PENGISIAN PROFIL REKAM MEDIK RAWAT JALAN DEMI TERSELENGGARANYA PELAYANAN YANG TERINTEGRASI

Sejak hari Senin tanggal 15 Agustus 2022, RSD dr. Soebandi menyelenggarakan pelatihan pengisian profil rekam medik rawat jalan yang dilaksanakan secara bergelombang sesuai dengan jadwal jaga tenaga kesehatan RSD dr. Soebandi Jember yang diikuti oleh berbagai profesi tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, bidan, apoteker, dan berbagai profesi tenaga kesehatan lainnya khususnya dari Instalasi Rawat Jalan. Proses pengisian profile rekam medik rawat jalan membutuhkan ketelitian, komunikasi, kolaborasi, koordinasi dengan berbagai sector untuk memastikan bahwa rencana, koordinasi, dan implementasi asuhan mendukung serta merespons setiap kebutuhan pasien.

Profil rekam medik rawat jalan merupakan rekam medik bagi pasien rawat jalan yang membutuhkan asuhan yang kompleks atau diagnosis yang kompleks atau dibuat dengan catatan tersendiri dalam profil medik rawat jalan (PRMRJ) yang disediakan untuk Profesi Pemberi Asuhan. Jika rumah sakit memberikan asuhan dan berlanjut kepada pasien dengan diagnosis yang kompleks yaitu kasus yang melibatkan beberapa disiplin ilmu kedokteran yang membutuhkan asuhan yang komplek dan perawatan dari berbagai profesi kesehatan, misalnya pasien yang datang beberapa kali dengan masalah kompleks, menjalani tindakan beberapa kali, datang di beberapa unit klinis, dan sebagainya. Maka kemungkinan dapat bertambahnya diagnosis dan obat, perkembangan riwayat penyakit, serta temuan pada pemeriksaan fisis. Oleh karena itu, untuk kasus-kasus seperti ini harus dibuat ringkasannya.Sangat penting bagi setiap profesi pemberi asuhan yang berada di berbagai unit di RSD dr. Soebandi untuk memberikan asuhan kepada pasien untuk mendapatkan akses ke informasi profil ringkas rawat jalan (PRMRJ) tersebut.

Berikut merupakan beberapa informasi yang termasuk dalam profil ringkas medis rawat jalan (PRMRJ) yaitu :

1. 1. Identifikasi pasien yang menerima berbagai kompleks atau dengan diagnosis kompleks (seperti pasien di jantung klinis dengan berbagai komorbiditas antara lain DM tipe 2,penggantian lutut total, gagal ginjal tahap akhir, dan sebagainya. Atau pasien di klinis neurologi dengan komorbiditas)

2. 2. Identifikasi informasi yang dibutuhkan oleh para dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP) yang menangani pasien tersebut

3. 3. Menentukan proses yang digunakan untuk memastikan bahwa informasi medis yang dibutuhkan dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP) tersedia dalam format mudah ditelusur (easy-to-retrieve) dan mudah direvieu.

4. 4. Hasil evaluasi implementasi proses untuk mengkaji bahwa informasi dan proses memenuhi kebutuhan dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP) dan meningkatkan mutu serta keselamatan pasien.

RSD dr. Soebandi telah menetapkan kriteria pasien rawat jalan dengan asuhan yang kompleks atau yang kompleks diagnosisnya diperlukan Profil Ringkas Medis Rawat Jalan (PRMRJ) sehingga memiliki proses yang dapat dibuktikan bahwa PRMRJ mudah ditelusur dan mudah di-review sehingga proses tersebut dapat memenuhi kebutuhan seluruh profesi pemberi asuhan demi meningkatkan mutu serta keselamatan pasien.