• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-perawatan-pasien-kanker-dengan-kemoterapi

13 Des 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN PERAWATAN PASIEN KANKER DENGAN KEMOTERAPI

Saat ini RSD dr Soebandi sedang berproses dalam pengembangan layanan Hemato Onkologi, dimana layanan tersebut memiliki dua definisi terpisah tetapi merupakan satu sub spesialisasi. Hematologi adalah satu disiplin ilmu tentang darah termasuk komponen darah dan segala permasalahan yang menyangkut darah serta tindakan/tata laksana perbaikan komponen darah seperti prosedur tindakan tranfusi. Onkologi adalah bidang khusus menangani pencegahan, pengobatan dan perawatan kanker. Bedah Onkologi adalah sub spesialisasi kedokteran dalam pemeriksaan, diagnosis dan tatalaksana prosedur onkologi meliputi pembedahan dan kemoterapi. Seiring hal tersebut jumlah pasien yang mendapatkan layanan kemoterapi juga mengalami peningkatan. Demikian pula dengan pasien pasien hematologi.

RSD dr. Soebandi yang berdasarkan SK Menkes RI Nomor 1097/Menkes/SK/IX/2002 tanggal 5 September 2002 ditetapkan sebagai rumah sakit kelas B Pendidikan, berkomitmen dan berupaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien agar semakin berkualitas dan aman, menyelenggarakan pelatihan Perawatan Pasien Kanker dengan Kemoterapi yang diselenggarakan pada hari Rabu, 13 Desember 2023 di ruangan Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 35 orang perawat yang terdiri dari Katim dan perawat pelaksana di area Instalasi Rawat Inap, Peristi dan Poli Onkologi.

Pelatihan dibuka oleh Plt. Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes yang dalam sambutannya berpesan agar para peserta menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber hingga akhir sesi agar dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas pelayanan kepada pasien. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pelatihan perawatan pasien kanker juga merupakan upaya dalam rangka meningkatkan mutu layanan prioritas yang ada di Rumah Sakit dr. Soebandi, ada 10 prioritas layanan yaitu:Layanan Kanker,Layanan Jantung, Layanan Stroke, Layanan Matneo, Layanan Uronefro, Layanan Tuberkulosis, Layanan PIE, Layanan Diabetes Melitus,Layanan Gastrohepato dan Layanan Kesehatan Jiwa. "Kita jangan alergi untuk belajar dan terus meningkatkan kompetensi untuk berbagi pengetahuan" pesan dr. Lilik Laikiyah,M.Kes. Peserta pelatihan yang sudah dilatih harus menyampaikan ilmu pengetahuannya kepada teman-teman yang lain supaya juga siap memberikan pelayanan yang lebih baik dan bermutu.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah dr. Primanto Bhakti L, Sp.B(K)Onk yang menyampaikan materi Konsep Dasar Pengobatan dan Penatalaksanaan Kemoterapi Dewasa; dr. Lukman Oktadianto, Sp.A(K) dengan materi Gambaran Umum Pasien Kemoterapi Anak; dr. Binar Rahma Utami, Sp.PK yang menyampaikan materi Gambaran Crossmath Darah; Ns.Inganah,S.Kep menyampaikan materi Askep Pasien Anak dengan Anemia; dan Ns.Lismiyati,S.Kep menyampaikan materi Askep Pasien dengan Kemoterapi. Peserta diminta untuk mengerjakan soal pretest sebelum pemberian materi dimulai, dan diakhiri dengan mengerjakan soal post test setelah pemberian materi. Selain itu peserta juga dibimbing untuk melakukan demonstrasi kewaspadaan pasien dengan kemoterapi yang dipandu oleh tim pemateri.

Setelah mendapatkan pelatihan peserta diharapkan mengetahui dan memahami pengertian tentang tindakan kemoterapi dan tranfusi darah, mengetahui dan memahami tata laksana kemoterapi dan tindakan tranfusi, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan monitoring kewaspadaan pasien dengan kemoterapi dan tindakan tranfusi.