• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Selasa, 17 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-rawat-luka-mahir-jahit-luka-bagi-praktisi-kesehatan-di-fasilitas-pelayanan-kesehatan-secara-luring

9 Mei 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN RAWAT LUKA & MAHIR JAHIT LUKA BAGI PRAKTISI KESEHATAN DI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN SECARA LURING

RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit pendidikan milik Pemerintah Kabupaten Jember berupaya untuk senantiasa mengembangkan kompetensi tenaga kesehatan tidak hanya yang berada di lingkup RSD dr. Soebandi, tetapi juga tenaga kesehatan di Fasilitas Kesehatan lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan RSUD Haji Provinsi Jawa Timur untuk menyelenggarakan Pelatihan yang telah terakreditasi oleh kementrian kesehatan dengan tema Rawat Luka dan Mahir Jahit Luka Bagi Praktisi Kesehatan di Faskes. Kegiatan yang diikuti oleh 25 peserta yang berprofesi sebagai perawat ini diselenggarakan mulai tanggal 20 - 23 Februari 2024 yang diikuti peserta secara daring selama 2 hari dan secara luring selama 2 hari.

Pada hari Kamis 22 Februari 2024 kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara luring di Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Hendro Soelistijono, MM.M.Kes; dr. Lilik Lailiyah, M.Kes selaku Plt. Direktur RSD dr. Soebandi yang didampingi oleh dr. Anna Widyassari, M.Kes selaku Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan, dr. Wiwik Supartiwi, M. Kes, selaku Wakil Direktur SDM dan Diklit, dan Sri Rahayu Wilujeng, S.E, MM selaku Wakil Direktur Umum dan Keuangan, jajaran pejabat struktural, tim pelatihan RSD dr. Soebandi, pemateri dari RSUD Haji Provinsi Jawa Timur, dan peserta pelatihan.

Kegiatan dibuka oleh dr. Lilik Lailiyah, M.Kes yang menyampaikan bahwa pelatihan ini terselenggara dalam rangka proses RSD dr. Soebandi Jember untuk menjadi penyelenggara pelatihan yang terakreditasi Kemenkes sehingga dilaksanakan kerja sama dengan RSUD Haji Provinsi Jawa Timur. Beliau juga memberikan semangat kepada peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan dengan seksama untuk meningkatkan kompetensi agar tenaga perawat semakin unggul. Tak lupa beliau juga menyampaikan rasa terimakasih kepada tim pemateri dari RSUD Haji Provinsi Jawa Timur yang telah menguatkan RSD dr. Soebandi untuk menyelenggarakan pelatihan ini.

dr. Hendro Soelistijono, MM.M.Kes dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada tim dari RSUD Haji Provinsi Jawa Timur yang telah hadir dan memberikan materi kepada para peserta. Beliau juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pada hari ini.

Perawatan luka saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga perawatan luka juga menjadi penting dalam proses penyembuhan pasien, baik pasien dengan luka akibat diabetes, akibat kecelakaan, luka bakar serta luka post operasi, sehingga pelatihan ini sangat diperlukan. Adapun narasumber yang memberikan materi adalah dr. Dhitta Aliefia Noverta, Sp. BP-RE.,M.Ked.Klin; Dr. dr.Bambang Arianto, Sp.B.FINAC; dr. Adinda Widita., Sp.BP-RE; Khusnul Huda,S.Kep.Ns; Sufrida S.Kep.,MM.Kes, CWCCA; dan Susilowati,S.Kep.Ns yang berasal dari RSUD Haji Surabaya dan didukung oleh instruktur yang telah memiliki sertifikat TOT/TPPK

Selain mendapatkan materi, peserta juga diajarkan untuk praktik mengenai pengkajian luka, perawatan dasar luka, balutan luka, mahir jahit melalui workshop yang diselenggarakan di ruang anggrek. Selanjutnya peserta akan dievaluasi terkait materi dan praktik yang telah diberikan.