• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 21 Juni 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pelatihan-stroke-ready-hospital-dalam-rangka-meningkatkan-kompetensi-sdm-dalam-penatalaksanaan-stroke

10 Mei 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PELATIHAN “STROKE READY HOSPITAL” DALAM RANGKA MENINGKATKAN KOMPETENSI SDM DALAM PENATALAKSANAAN STROKE

Seiring dengan perkembangan jaman, pola hidup, pola makanan, dan tingkat stress yang tinggi kasus stroke semakin meningkat. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel jaringan pada sebagian daerah otak sehingga membutuhkan penanganan yang cepat, tepat, serta memiliki tim multidisplin yang mahir sangat diperlukan untuk menolong pasien stroke dan meningkatkan mutu pelayan rumah sakit. Peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas di pelayanan rumah sakit dan khususnya dapat menolong pasien stroke. Berkenaan dengan hal tersebut RSD dr. Soebandi menyelenggarakan pelatihan Stroke Ready Hospital pada hari Kamis, 2 Mei 2024. Pembukaan pelatihan dihadiri oleh semua Wakil Direktur, Kepala Bidang dan Bagian RSD dr Soebandi, ini menunjukkan dukungan penuh terhadap kegiatan utk RSD dr. Soebandi yang semakin APIK (Amazing, Perfect, Interest, Kinetic).

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan dari Ketua Panitia yaitu dr. Ika Sedar Wasis, Sp.N yang menyampaikan bahwa pelatihan dilaksanakan dengan metode hybrid, ceramah, dan diskusi dengan peserta berjumlah 111 orang yang terdiri dari dokter, perawat, radiografer, dan farmasi. Pelatihan Stroke Ready Hospital merupakan kelanjutan dari pelatihan "Code Stroke" yang berkaitan dengan layanan prehospital yang telah dilaksanakan oleh RSD dr. Soebandi beberapa waktu yang lalu dengan peserta tenaga kesehatan di Faskes perujuk. Layanan stroke di RSD dr. Soebandi didukung dengan program ANGELS (Acute Network Striving for Excelent in Stroke), selanjutnya peserta yang telah selesai mengikuti pelatihan dan telah semakin tumbuh keterampilannya dalam penatalaksanaan stroke, maka akan terbentuk tim stroke unit yang berkompetensi tinggi dan multidisplin dalam penatalaksanaan pasien stroke.

RSD dr. Soebandi telah berupaya untuk berperan aktif dalam penanganan stroke di Indonesia dan berpeluang untuk mendapatkan penghargaan dengan kategori "Diamond" sebagai bentuk apresiasi dari World Stroke Organization (WSO).

dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes selaku Wakil Direktur SDM dan Diklit RSD dr. Soebandi membuka kegiatan pelatihan yang berlangsung di Aula Darusy Sifa‘ RSD dr. Soebandi dan menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang telah mewujudkan pelatihan kali ini dan berpesan kepada peserta untuk menyimak materi hingga akhir agar mendapatkan informasi yang lengkap untuk meningkatkan kompetensi dalam penatalaksanaan stroke. Beliau berharap RSD dr. Soebandi bisa menjadi Stroke Ready Hospital sesuai dengan standar (Trombolisis Rate 5% dan Door to Needle <60 Menit).

Narasumber yang memberikan pelatihan adalah dr. Komang Yunita, Sp. N; dr. Ika Sedar Wasis, Sp.N; dr. Azham Purwandhono, M.Si, Sp.N yang merupakan dokter spesialis neuro RSD dr. Soebandi serta Tim Angels Pathway. Materi yang diberikan meliputi Angel Initiative Overview; Pathway, Code Stroke, Protocol; Hyperacute Stroke; Decision Making, serta simulasi.

Semoga pelatihan ini dapat menambah wawasan dan keterampilan tenaga kesehatan RSD dr. Soebandi yang berada di unit terkait untuk dapat saling berkoordinasi dalam penatalaksanaan pasien stroke agar mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat, mampu melaksanakan penanganan kegawatdaruratan stroke serta mampu melakukan pengambilan keputusan klinik profesional sebagai kontribusi peningkatan mutu pelayanan di RSD dr. Soebandi.