• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Rabu, 22 Mei 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pemeriksaan-penunjang-diagnostik-bagi-calon-akseptor-program-inovasi-j-komandan

15 Mei 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PEMERIKSAAN PENUNJANG DIAGNOSTIK BAGI CALON AKSEPTOR PROGRAM INOVASI J-KOMANDAN

RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan BKKBN Propinsi Jawa Timur, DP3AKB Kabupaten Jember dan KODIM 0824 telah sukses memberikan layanan kontrasepsi kepada masyarakat di tahun 2022 dan 2023. Kini RSD dr. Soebandi kembali mempersiapkan kegiatan inovasi J-Komandan (Jember Kontrasepsi Mantap Dijamin Aman) yang akan berlangsung pada tanggal 18 Mei 2024. Sebelum dilakukan tindakan, calon akseptor harus menjalani proses skreening dan pemeriksaan penunjang diagnostik yang dilaksanakan pada hari ini, Selasa 14 Mei 2024. Kegiatan skreening akan berlangsung selama 2 hari.

Hari ini sejumlah 82 calon akseptor dari 13 Kecamatan telah menjalani pemeriksaan penunjang diagnostik untuk persiapan tindakan MOW / MOP antara lain: lab darah lengkap, gula darah acak, dan foto thorax. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan sebelum proses operasi agar dapat mengurangi risiko yang terkait dengan pembedahan dan anestesi, serta meningkatkan kualitas perawatan perioperatif, untuk mengembalikan pasien ke keadaan yang diinginkan.

Tindakan operasi MOW/MOP bertempat di RSD dr. Soebandi yang didahului proses pendaftaran dan penandatanganan Inform Consent dan pasien kehamilan utk memastikan akseptor tidak dalam kondisi hamil. Skreening dilakukan oleh dokter spesialis untuk memastikan lolos tidaknya calon akseptor untuk dilakukan operasi. Tindakan operasi dilakukan oleh Tim Medis BKKBN dengan support Tim Peristi dan Tim Back Up Instalasi Bedah Sentral RSD dr. Soebandi.

Upaya ini bertujuan untuk pembinaan terhadap akseptor yang merupakan Pasangan Usia Subur melalui kontrasepsi MOW/ MOP dalam upaya untuk pengendalian jumlah penduduk sekaligus mencegah dan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), serta stunting. Semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Selagi bisa, mari berbuat