• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-pemeriksaan-penunjang-diagnostik-bagi-calon-peserta-program-inovasi-j-komandan

25 Jul 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PEMERIKSAAN PENUNJANG DIAGNOSTIK BAGI CALON PESERTA PROGRAM INOVASI J-KOMANDAN

Pada hari Senin, Tanggal 24 Juli 2023 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan skreening dan pemeriksaan penunjang diagnostik bagi calon akseptor yang akan mengikuti Bakti Sosial Metode Operasi Wanita atau Metode Operasi Pria yang disingkat dengan istilah BHAK-SOS MOW / MOP melalui program inovasi JKomandan (Jember Kontrasepsi Mantap Dan Aman), merupakan kerjasama RSD dr. Soebandi, BKKBN Propinsi Jawa Timur, DP3AKB dan KODIM 0824 Jember. Kegiatan JKomandan ini berlangsung selama 2 hari yang di ikuti 264 peserta calon akseptor yang dibagi dalam 2 tahap yaitu pada tanggal 24 Juli 2023 sebanyak 107 peserta dari 125 terdaftar. Pada tanggal 25 Juli 2023 hadir 114 orang dari 129 terdaftar. Pemeriksaan penunjang diagnostik untuk persiapan tindakan MOW / MOP antara lain : lab darah lengkap, gula darah puasa dan foto thorax. Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan sebelum proses operasi agar dapat mengurangi risiko yang terkait dengan pembedahan dan anestesi, serta meningkatkan kualitas perawatan perioperatif, untuk mengembalikan pasien ke keadaan yang diinginkan.

Pada tahun 2022, RSD dr. Soebandi sudah pernah mengemas pelayanan MOW/MOP ini dalam program inovasi J-KOMANDAN. Kali ini RSD dr. Soebandi kembali bekerjasama dengan BKKBN Propinsi Jawa Timur, DP3AKB dan KODIM 0824 Jember dalam program BHAK-SOS MOW/MOP yang rencananya akan berlangsung pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 bertempat di RSD dr. Soebandi yang didahului proses pendaftaran dan penandatanganan Inform Consent dan pasien kehamilan utk memastikan akseptor tidak dalam kondisi hamil. Skreening dilakukan oleh dokter spesialis untuk memastikan lolos tidaknya calon akseptor untuk dilakukan operasi. Tindakan operasi dilakukan oleh Tim Medis BKKBN dengan support Tim Peristi dan Tim Back Up Instalasi Bedah Sentral RSD dr. Soebandi.

Upaya ini bertujuan untuk pembinaan terhadap akseptor yang merupakan Pasangan Usia Subur melalui kontrasepsi MOW/ MOP dalam upaya untuk pengendalian jumlah penduduk sekaligus mencegah dan menurunkan angka stunting. Semoga RSD dr. Soebandi dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam kegiatan ini. Selagi bisa, mari berbuat kebaikan untuk sesama.