• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-podcast-zoom-stabilisasi-pre-hospital-pasien-maternal-dengan-perdarahan

19 Sep 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PODCAST ZOOM “STABILISASI PRE-HOSPITAL PASIEN MATERNAL DENGAN PERDARAHAN”

Sebagai bentuk komitmen RSD dr.Soebandi terhadap upaya percepatan penurunan AKI, AKB dan Stunting di wilayah Kabupaten jember, maka Tim PONEK berkolaborasi dengan Bidang Diklit, Humas dan PDE RSD dr.Soebandi memberikan fasilitas yang kekinian untuk memberikan informasi kepada Tenaga Kesehatan (Dokter Umum dan Bidan) yaitu Podcast Zoom, Ngepods bersama Soebandi Beken yang dilaksanakan tanggal 15 September 2023. Podcast zoom ini menyampaikan informasi terkait stabilisasi pra-rumah sakit pasien ibu dengan pendarahan, sebagai bentuk komitmen RSD dr.Soebandi terhadap upaya percepatan penurunan AKI,AKB dan Stunting di Wilayah Kabupaten Jember. Adapun Narasumber Podcast yaitu Kepala Staf Medik Obstetry Ginekologi RSD dr. Soebandi dr. Yonas Hadisubruto,Sp.OG dan dipandu oleh Host Bidan Wuri Hendras, SST yang sehari-harinya merupakan Bidan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif ( PONEK ) RSD dr. Soebandi Jember.

Kegiatan Podcast dibuka oleh Plt. Direktur RSD dr.Soebandi Jember, dr.Lilik Lailiyah,M.Kes. Beliau menyampaikan permasalahan terkait AKI di Jember masih perlu diselesaikan dan masih perlunya perbaikan sistem referensi. Beliau berharap melalui Podcast ini materi yang disampaikan lebih mudah diterima dan dapat mempersatukan FKTP dan FKTL dalam upaya penurunan AKI di Kabupaten Jember.

Pada podcast kali ini juga telah hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr.Hendro Soelistijono,MM.M.Kes selaku keynote speaker yang hadir melalui zoom. Beliau memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap podcast ini untuk menjadi langkah dalam peningkatan pengetahuan, komunikasi yang baik sehingga dapat menyelesaikan masalah AKI dan AKB yang ada di Jember. Beliau menekankan bahwa rujukan itu diberikan, FKTP mempunyai izin penuh untuk memilih rujukan yang tepat sehingga tidak terjadi AKI dan AKB.

Materi yang disampaikan terkait dengan stabilisasi pra-rumah sakit pada pasien ibu dengan pendarahan dr.Yonas juga aktif berinteraksi dengan audiens melalui studi kasus yang diberikan, beliau menyampaikan bahwa kita sebagai tenaga kesehatan terumata yang berperan dalam membantu pasien ibu haruslah memiliki rasa darurat sehingga bisa dengan cepat dan tepat memberikan pertolongan. Audience juga sangat aktif dalam mengikuti acara Podcast, mereka berharap kegiatan podcast ini berlanjut dan membahas lebih banyak lagi permasalahan yang ada baik di Rumah Sakit maupun Puskesmas.