• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-podcast-zoom-waspada-hipertensi-dalam-kehamilan

6 Nov 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PODCAST ZOOM “WASPADA HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN”

Sebagai bentuk komitmen RSD dr. Soebandi terhadap upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Stunting di wilayah Kabupaten Jember, dan dalam rangka memperingati HKN ke -59 dan HUT RSD dr Soebandi Ke-51 , Tim PONEK berkolaborasi dengan Bidang Diklit, Humas dan PKRS, serta PDE RSD dr. Soebandi menyelenggarakan podcast zoom kedua. Podcast zoom J Ngepods Bersama Soebandi Beken Jember Keren yang dilaksanakan tanggal 3 November 2023 tersebut masih mengusung tema di bidang obstetri (kebidanan) untuk memberikan informasi kepada Tenaga Kesehatan (Dokter Umum dan Bidan).

Narasumber kali ini Staf Medis Obstetri Ginekologi RSD dr. Soebandi dr. Alexander Daniel Suseno,Sp.OG, dipandu oleh Host Wuri Hendras, SST, Bidan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) RSD dr. Soebandi Jember.

Materi yang disampaikan tentang hipertensi dalam kehamilan,meliputi diagnosis, tatalaksana, stabilisasi dan rujukan pra-rumah sakit. Pemateri dan host aktif berinteraksi dengan audiens melalui studi kasus yang diberikan, pemateri menyampaikan bahwa hipertensi dalam kehamilan dengan bentuk klinis pre-eklampsia/ eklampsia, hipertensi kronis pada kehamilan, hipertensi kronis disertai preeklampsia, dan hipertensi gestational menjadi perhatian bersama karena Jember termasuk Kabupaten dengan angka kejadian preeklamsia tertinggi nomer 2 di Jawa Timur. Dimana ibu hamil dengan preeklamsia selain dapat menimbulkan kematian pada ibu dan bayi, juga berpotensi melahirkan anak dengan stunting.

Audience antusias dan aktif memberikan pertanyaan dan menanggapi pemateri. Peserta berharap kegiatan podcast ini berlanjut dan membahas lebih banyak lagi permasalahan kesehatan yang ada baik di Rumah Sakit maupun Puskesmas.