• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-program-inovasi-jember-cegah-kecacatan-pada-stunting-j-chat-penting-di-desa-wonorejo-kecamatan-kencong

7 Apr 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PROGRAM INOVASI JEMBER CEGAH KECACATAN PADA STUNTING (J-CHAT PENTING) DI DESA WONOREJO KECAMATAN KENCONG

Pada hari Jumat, tanggal 7 April 2023 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan Program Inovasi J - ChAt PenTing (Jember Cegah Angka Kecacatan Permanen Pada Stunting) dalam rangka akselerasi penurunan angka stunting di Kabupaten Jember yang menjadi prioritas pembangunan sumber daya manusia pada tahun 2023. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan oleh dokter Spesialis Anak Konsultan Jantung Anak dan Ahli Gizi secara gratis bagi sasaran stunting di wilayah Kabupaten Jember, yaitu di Desa Wonorejo Kecamatan Kencong. Pada kegiatan ini dr. Saraswati Dewi, Sp .A (K) sebagai dokter spesialis anak konsultan jantung anak di RSD dr. Soebandi terjun langsung ke pelosok desa untuk melakukan skrining, konseling dan penanganan stunting kepada masyarakat yang memiliki resiko stunting.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi skrining, pemeriksaan fisik, penanganan masalah stunting dan konseling gizi oleh Ahli Gizi RSD dr. Soebandi yaitu Ibu Anis Nurullaili, SST yang merupakan Kepala Instalasi Gizi RSD dr. Soebandi yang juga seorang konselor gizi. Serta drg. Weny Widyassari, M. Kes yang selain sebagai tenaga kesehatan di RSD dr. Soebandi juga tergabung dalam Satgas Stunting Kabupaten Jember. Hal tersebut menunjukkan bahwa sinergi dan kolaborasi telah tercipta diantara RSD dr. Soebandi dengan Pemerintah Kabupaten Jember dan Dinas Kesehatan. Hal ini merupakan wujud nyata komitmen RSD dr. Soebandi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Jember.

Plt. Direktur RSD dr Soebandi dr. Lilik Lailiyah M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan J - ChAt PenTing akan dijadwalkan secara berkala oleh RSD dr. Soebandi, guna mempercepat akses bagi pasien stunting di wilayah agar dapat segera mendapatkan penanganan dan edukasi yang kuat sehingga kondisinya dapat segera diatasi. Para pasien tampak antusias saat mendapatkan pelayanan kesehatan dari Tim Stunting RSD dr. Soebandi yang dilaksanakan di Balai Desa Wonorejo Kecamatan Kencong. Tidak kurang dari 20 orang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dan juga bingkisan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yang diserahkan langsung oleh Bupati Jember. Bapak Ir. Hendi Siswanto, ST.IPU sebagai Bupati yang menyambut gembira Program Inovasi J - ChAt PenTing RSD dr Soebandi. Hal ini merupakan terobosan yang sangat bagus untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Jember.