• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-program-inovasi-jember-cegah-kecacatan-pada-stunting-j-chat-penting-di-kelurahan-kranjingan-kecamatan-sumbersari

11 Apr 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN PROGRAM INOVASI JEMBER CEGAH KECACATAN PADA STUNTING (J-CHAT PENTING) DI KELURAHAN KRANJINGAN KECAMATAN SUMBERSARI

Pada hari Selasa, tanggal 11 April 2023 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan Program Inovasi J - CHAT PENTING (Jember Cegah Kecacatan Permanen Pada Stunting) dalam rangka akselerasi penurunan angka stunting di Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh dokter Spesialis Anak Hematologi Onkologi Anak Konsultan dan Ahli Gizi bagi sasaran beresiko stunting guna mendukung pembangunan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang kesehatan, yaitu penanganan masalah stunting di Kabupaten Jember.

dr. Lukman Oktadianto Sp.A (K) selaku dokter spesialis anak konsultan di RSD dr. Soebandi terjun langsung ke Kelurahan Kranjingan untuk melakukan skreening, konseling, dan penanganan stunting kepada masyarakat yang memiliki resiko stunting. Selain itu juga dilakukan skreening dan konseling gizi oleh Ahli Gizi RSD dr. Soebandi yaitu Anis Nur Laili, S.Gz dan Nia Fitriani Aisyah, S.Gz yang merupakan Ahli Gizi RSD dr. Soebandi. Mereka hadir di Wilayah Kerja Puskesmas Gladak Pakem Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari untuk mengatasi langsung masalah stunting dalam masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa sinergi dan kolaborasi telah tercipta diantara RSD dr. Soebandi dengan Pemerintah Kabupaten Jember dan Dinas Kesehatan dan juga wujud nyata komitmen RSD dr. Soebandi dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Jember.

Plt. Direktur RSD dr. Soebandi dr. Lilik Lailiyah, M. Kes menyampaikan bahwa kegiatan J - CHAT PENTING akan dijadwalkan secara berkala oleh RSD dr. Soebandi, guna mempercepat akses penanganan bagi pasien stunting agar dapat langsung mendapatkan penanganan dan edukasi yang kuat sehingga kondisinya dapat segera teratasi. Para pasien tampak antusias saat mendapatkan pelayanan kesehatan dari Tim Stunting RSD dr. Soebandi yang dilaksanakan di Balai Desa Kranjingan Kecamatan Sumbersari. Sejumlah 10 orang yang merupakan ibu hamil resiko stunting dan balita stunting mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dan juga bingkisan Paket Makanan Tambahan yang diserahkan langsung oleh Bupati Jember. Bapak Ir. H. Hendy Siswanto, ST.IPU sebagai Bupati menyambut gembira Program Inovasi J - CHAT PENTING RSD dr. Soebandi. Semoga upaya ini menjadi suatu terobosan yang dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Jember.