• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Minggu, 8 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-screening-bagi-calon-peserta-j-terak

4 Jul 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN SCREENING BAGI CALON PESERTA J-TERAK

     Hari ini, Kamis 4 Juni 2024 RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Puskesmas se-Kabupaten Jember menyelenggarakan screening bagi calon peserta kegiatan J-TERAK (Jember Tindakan Eliminasi kataRAK) yang dalam pelaksanaannya merupakan pelayanan operasi katarak bagi masyarakat Jember. Kegiatan screening dilaksanakan di ruangan Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi mulai pukul 07.00 WIB dengan diawali proses pendaftaran. Calon peserta datang ke RSD dr. Soebandi diantar oleh petugas dari Puskesmas setempat. Proses pemeriksaan dibagi menjadi 2 sesi yaitu jam 08.00 – 10.00 dan jam 10.00 – selesai.

     Sebelum menjalani operasi katarak yang rencananya berlangsung pada hari Sabtu 13 Juli 2024, calon pasien harus menjalani pemeriksaan: tekanan darah, TTV, visus mata, tonometri, keratometri, biometri, slit lamp, dan konsultasi dengan dokter spesialis mata RSD dr. Soebandi, yaitu dr. Iwan Dewanto dan dr. Bimanda, Sp. M., M.Ked.Klin. Kegiatan screening dihadiri 86 orang calon peserta, dan yang lolos screening sebanyak 51 pasien. Selanjutnya masih akan ada screening tahap 2 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli di Puskesmas Kencong.

     Semoga kegiatan operasi katarak dapat berjalan lancar dan inovasi layanan J-TERAK bisa memberi manfaat secara maksimal bagi masyarakat Jember khususnya para penderita katarak.