• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-skreening-bagi-calon-peserta-j-terak

22 Nov 2023

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN SKREENING BAGI CALON PESERTA J-TERAK

Pada tanggal 20 dan 21 November 2023, RSD dr. Soebandi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Puskesmas se-Kabupaten Jember menyelenggarakan skreening bagi calon peserta kegiatan J-TERAK (Jember Tindakan Eliminasi kataRAK) yang dalam pelaksanaannya terdiri dari pelayanan operasi katarak dan pemberian bantuan kacamata bagi masyarakat Jember. Kegiatan skreening dilaksanakan di ruangan Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi mulai pukul 07.00 WIB dengan diawali proses pendaftaran. Calon peserta datang ke RSD dr. Soebandi diantar oleh petugas dari Puskesmas setempat.

Kegiatan J-TERAK tahun ini merupakan kedua kalinya yang diselenggarakan oleh RSD dr. Soebandi dan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dan HUT RSD dr. Soebandi ke-49 tahun 2023. Sebelum menjalani operasi katarak yang rencananya berlangsung pada hari Kamis 23 November 2023, calon pasien harus menjalani pemeriksaan: tekanan darah, TTV, visus mata, tonometri, keratometri, biometri, slit lamp, dan konsultasi dengan dokter spesialis mata RSD dr. Soebandi, yaitu: dr. Bagas Kumoro, Sp.M; dr. Iwan Dewanto, Sp.M; dr. Erwanda Fredy, Sp.M; dan dr. Bimanda, Sp. M., M.Ked.Klin dan dibantu oleh dr. Heni Wijayanti, Sp.M dari RSD Balung.

Hari pertama kegiatan skreening dihadiri 68 orang calon peserta, dan yang lolos skrening sebanyak 44 pasien. Sedangkan pada hari kedua dari jumlah kehadiran 60 orang calon peserta, yang dinyatakan lolos skreening berjumlah 30 orang. Sedangkan pasien yang mendapatkan bantuan kacamata baca pada hari pertama berjumlah 9 orang dan hari kedua berjumlah 6 orang.

Semoga kegiatan operasi katarak dapat berjalan lancar dan inovasi layanan J-TERAK bisa memberi manfaat secara maksimal bagi masyarakat Jember khususnya para penderita katarak.