• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Selasa, 17 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-menyelenggarakan-talkshow-stroke-dimensia-serta-skreeningdeteksi-dini-dimensia-bekerjasama-dengan-persatian-dokter-neurologi-cabang-malang

7 Sep 2024

RSD dr. SOEBANDI MENYELENGGARAKAN TALKSHOW STROKE & DIMENSIA SERTA SKREENING/DETEKSI DINI DIMENSIA BEKERJASAMA DENGAN PERSATIAN DOKTER NEUROLOGI CABANG MALANG

Setiap 3 detik 1 orang di dunia mengalami demensia atau kepikunan yang merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya pikir tanpa adanya penurunan fungsi kesadaran dan menyebabkan penurunan kemampuan hidup mandiri, demikian juga dengan kasus stroke dimana setiap 3 detik terdapat 1 orang di dunia mengalaminya. Sehubungan dengan hal tersebut RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Neurologi (PERDOSNI) Cabang Malang dalam Rangkaian Safari PERDOSNI 2024 kembali menyelenggarakan kegiatan Talkshow Stroke & Demensia sekaligus  Screening MMSE untuk Deteksi Dini Demensia.

Kegiatan yang bertempat di Aula Darusy Syifa RSD dr. Soebandi ini dibuka oleh dr. Wiwik Supartiwi, M.Kes selaku Wakil Direktur RSD dr. Soebandi didampingi dr. Anna Widyasssari, M.Kes selaku Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan, Sri Rahayu Wilujeng, S.E, MM selaku Wakil Direktur Umum dan Keuangan, Ka.Bid Diklit, pejabat struktural, Ketua panitia sekaligus Ka. KSM Neurologi RSD dr. Soebandi, serta Dokter Spesialis Neuro RSD dr. Soebandi. Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Koeshar Yudiarto selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Jember, dr. Adecya Amarilis Risa Putri, Sp.N selaku perwakilan PERDOSNI Cabang Malang, anggota PERDOSNI Cabang Malang, serta 30 orang peserta dari kelompok komunitas lansia tangguh dari Sekolah Lansia Tangguh (SELANTANG) Kabupaten Jember, dan 10 orang peserta dari perkumpulan PROLANIS wilayah Banjarsengon Patrang. 

dr. Wiwik Supartiwi, M. Kes menyampaikan terimakasih kepada anggota PERDOSNI Cabang Malang yang telah bersedia hadir di RSD dr. Soebandi untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. RSD dr. Soebandi selaku Rumah Sakit Pendidikan senantiasa berperan serta untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi melalui berbagai upaya, salah satunya melalui kegiatan talkshow serta melakukan screening kesehatan kepada masyarakat.

Adapun narasumber yang memberikan materi pada talkhow kali ini adalah “Mengenal Stroke Lebih Dekat” dan dr. Bimo Mubyarto, Sp.N yang memberikan materi “Cegah dan Kenali Demensia pada Lansia”. Kegiatan talkshow dipandu oleh dr. Rizky Alief Prabowo yang merupakan dokter jaga IGD RSD dr. Soebandi.

Dalam kegiatan ini peserta juga menjalani screening demensia yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Neuro.

Semoga kegiatan ini dapat berjalan rutin dan semakin berkembang untuk mendukung kesehatan masyarakat yang lebih berkualitas.