• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Minggu, 8 September 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-sukses-melaksanakan-penutupan-kebocoran-jantung-bawaan-pasien-telah-dinyatakan-bisa-pulang-dengan-kondisi-sehat

10 Mei 2024

RSD dr. SOEBANDI SUKSES MELAKSANAKAN PENUTUPAN KEBOCORAN JANTUNG BAWAAN, PASIEN TELAH DINYATAKAN BISA PULANG DENGAN KONDISI SEHAT

            Pasien yang telah menjalani tindakan penutupan kebocoran jantung bawaan dengan teknik Amplatzer Septal Occluders (ASO) di RSD dr. Soebandi telah dinyatakan bisa pulang dengan kondisi sehat oleh dr. Saraswati, Sp.A (K). Hal tersebut menunjukkan bahwa RSD dr. Soebandi telah mampu memberikan layanan penanganan kebocoran jantung bawaan. Pada hari Selasa tanggal 30 April 2024, tim RSD dr. Soebandi Jember didampingi oleh Tim dari RSUD dr. Soetomo Surabaya, dengan teknik Amplatzer Septal Occluder (ASO) pada tiga orang pasien yang berusia 1 tahun 5 bulan, 3 tahun 3 bulan dan 13 tahun 7 bulan. Pasien ketiga dalam kondisi yang baik selama tindakan paska perawatan, sehingga dua pasien balita telah diijinkan pulang dari RSD dr. Soebandi pada hari Kamis tanggal 3 Mei 2024 dan 1 orang pasien anak sudah bisa dimobilisasi dan direncanakan pulang hari ini.

Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan faktor terbesar dalam kasus gagal jantung. Dalam upaya menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Pemerintah Kabupaten Jember memberikan dukungan penuh kepada RSD dr. Soebandi untuk melakukan langkah-langkah inovasi guna meningkatkan mutu Pelayanan Jantung Terpadu dengan pengembangan pelayanan terapi terapi terapi kateterisasi intervensi sebagai bagian dari pengembangan Pelayanan Jantung Terpadu, mengingat RSD dr. Soebandi sebagai Rumah Sakit rujukan regional Jawa Timur bagian timur dan Rumah Sakit Pendidikan Utama di Kabupaten Jember. Di Kabupaten Jember sendiri terdapat sekitar 174 kasus yang telah terdaftar dan harus mendapat perhatian khusus. Layanan cath lab RSD dr. Soebandi saat ini masih satu-satunya di wilayah JawaTimur bagian Timur yang didukung oleh tenaga Dokter Spesialis Anak Subspesialis Kardiologi Anak Konsultan yaitu dr. Saraswati Dewi, Sp.A (K).

Kegiatan proctorsip ini merupakan kegiatan proctorship pertama pada kasus jantung anak, hal tersebut menunjukkan komitmen RSD dr. Soebandi untuk terus berupaya memajukan layanan Penanganan Jantung terpadu agar semakin baik dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Semoga melalui kegiatan kali ini RSD dr. Soebandi dapat meningkatkan layanan mutu khususnya di bidang layanan jantung terpadu sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat.