• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 30 November 2024 : WIB

rsd-dr-soebandi-telah-melaksanakan-survei-akreditasi-rumah-sakit-yang-dinilai-oleh-lembaga-akreditasi-rumah-sakit

27 Sep 2022

RSD DR SOEBANDI TELAH MELAKSANAKAN SURVEI AKREDITASI RUMAH SAKIT YANG DINILAI OLEH LEMBAGA AKREDITASI RUMAH SAKIT

RSD dr Soebandi telah melaksanakan survei akreditasi yang diselenggarakan selama 3 hari yaitu satu hari dilaksanakan secara daring dan dua hari secara luring. Penilaian akreditasi rumah sakit secara luring dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 23-24 September 2022 dengan datangnya tiga orang surveior dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna ke RSD dr Soebandi untuk melakukan penilaian secara langsung. Dalam proses penilaian akreditasi kali ini, dilaksanakan penilaian secara langsung terhadap seluruh standart pelayanan di RSD dr. Soebandi guna menjamin mutu dan keselamatan pasien. Survei akreditasi rumah sakit dilakukan oleh tiga orang surveyor yaitu dr. Susi Herawati, M.Kes, dr. Devvi Riasari, Sp.PK(K), dan Siti Fatonah, S.Kep, Ns, M.Kes.

Untuk membantu Para Surveyor dalam proses survey akreditasi, Tim RSD dr Soebandi membentuk 16 Pokja (Kelompok Kerja) yang terdiri dari Pokja Tata Kelola Rumah Sakit, Pokja Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien, Pokja Kinerja Penilaian Staf, Pokja Pelayanan Kefarmasian Penggunaan Obat, Pokja Manajemen Fasilitas dan Keselamatan, Pokja Pendidikan Pelatihan Kesehatan, Pokja Akses Kontinuitas Pelayanan, Pokja Pelayanan Asuhan Pasien, Pokja Pelayanan Anastesi Bedah, Pokja Pengkajian Pasien, Pokja Sasaran Keselamatan Pasien, Pokja Pencegahan Pengendalian Infeksi, Pokja Manajemen Rekam Medik Informasi Kesehatan, Pokja Hak Pasien dan keluarga, Pokja Komunikasi Efektif dan Pokja Program Nasional. Seluruh Pokja ini bertugas menyelaraskan strandart pelayanan di RSD dr. Soebandi agar dapat sesuai dengan standart akreditasi nasional, dan terwujudnya standart akreditasi rumah sakit tersebut serta terimplementasikan di seluruh layanan di RSD dr. Soebandi Jember. Dengan begitu, maka RSD dr. Soebandi dapat memiliki standart mutu dan keselamatan pasien sesuai dengan standart mutu nasional.

Tampak ketiga surviyor melakukan penilaian secara menyeluruh dan mendalam terhadap pelayanan RSD dr. Soebandi yang diberikan kepada masyarakat. Survey itu dilakukan dengan inspeksi, wawancara, telusur lapangan secara langsung terhadap pelayanan, pegawai, pasien, pengunjung dan keluarga pasien, juga kepada para satpam, cleaning service dan semua pihak yang terlibat dalam pelayanan di RSD dr. Soebandi. Para Surveyor memastikan bahwa RSD dr Soebandi memberikan pelayanan kesehatan dengan menjunjung tinggi mutu pelayanan dan berfokus pada keselamatan pasien sesuai standart mutu nasional. Kegiatan akreditasi rumah sakit ini sangat penting, karena akan membantu rumah sakit untuk menerapkan tata kelola rumah sakit yang baik dan menjamin mutu dan keselamatan pasien di RSD dr Soebandi Jember. Sehingga dapat dipastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh RSD dr. Soebandi telah sesuai dengan standart akreditasi rumah sakit dan diakui secara Nasional. Hal itu selaras dengan visi RSD dr Soebandi Jember untuk menjadi rumah sakit pendidikan unggul dan rujukan nasional yang menjamin mutu dan keselamatan pasien.

Segenap civitas hospitalia RSD dr. Soebandi tampak bersemangat dalam menyuskseskan kegiatan penilaian akreditasi rumah sakit ini dengan mengikuti berbagai test, wawancara, pemeriksaan dan inspeksi mendadak yang dilakukan hampir di seluruh ruangan dan instalasi. Bahkah seluruh pegawai dilakukan penilaian terhadap kemampuan kinerja pelayanan dalam mewujudkan jaminan keselamatan pasien dan mutu rumah sakit yang sesuai standart akreditasi nasional. Sampai pada akhir kegiatan, seluruh pegawai tampak dengan lancar melewaati berbagai rangkaian acara penilaian dari para surveyor Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna.