• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

rsd-drsoebandi-membuka-pendaftaran-acara-donor-darah-di-aula-masjid-darusyifa

28 Jun 2022

RSD dr.SOEBANDI MEMBUKA PENDAFTARAN ACARA DONOR DARAH DI AULA MASJID DARUSYIFA

RSD dr. Soebandi bekerjasama dengan PMI Cabang Jember menghimbau pegawainya yang memenuhi syarat untuk menyumbangkan darahnya kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Tidak semua orang diperbolehkan melakukan prosedur ini. Syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendonorkan yaitu berusia 17-65 tahun, lolos pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darah, memiliki berat badan tidak kurang dari 45 kilogram dan sehat baik jasmani maupun rohani, tekanan darah berada pada angka 100-170 (sistolik) dan 70-100 (diastolik), dan kadar hemoglobin darah saat pemeriksaan harus berkisar antara 12,5g% 17g%.

Donor darah adalah prosedur sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain, dengan cara darah dari setiap pedonor akan dikumpulkan lewat jarum steril sekali pakai kemudian ditampung dalam kantong darah steril. Prosedur ini bisa jadi dilakukan dengan menyumbangkan darah utuh atau komponen darah tertentu, seperti trombosit atau plasma. Jumlah yang diberikan dalam prosedur donor darah komponen darah tertentu ini akan bergantung pada tinggi badan, berat badan, dan jumlah trombosit seseorang. Donor darah di Indonesia diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 2/2011 tentang pelayanan donor darah yang diatur oleh Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai tujuan sosial dan kemanusiaan. Prosedur ini juga di bawah pengawasan PMI dan dijamin UU No. 36/2009 tentang Kesehatan, bahwa pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan donor darah yang aman, mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Prosedur menyumbangkan darah tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, tetapi juga bermanfaat bagi pendonor. Manfaat donor darah bagi pedonor yaitu meningkatkan kesehatan jantung karenaprosedur ini secara teratur dapat mengurangi kekentalan darah yang merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Donor darah juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.Donor darah juga dapat mengurangi risiko kanker, sepertikanker hati,kanker paru-paru, kanker usus besar dankanker tenggorokan. Dan dengan menyumbangkan darah sekitar 500 ml, sebenarnya pedonor juga telah membakar kalorinya sekitar 650 kalori.

Dalam acara donor darah ini, pegawai RSD dr. Soebandi secara sukarela mendaftarkan dirinya dengan hadir di aula masjid darusyifa sejak jam 08.00 WIB pada hari Rabu tanggal 29 Juni 2022, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas PMI dan dilakukan skrining kelayakan untuk menjadi seorang pedonor. RSD dr. Soebandi juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya dengan langsung menghadiri acara donor darah di aula masjid darusyifa RSD dr. Soebandi Jember pada jam 08.00 hari Rabu tanggal 29 Juni 2022.