• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

seluruh-karyawan-instalasi-sterilisasi-sentral-rsd-dr-soebandi-mengikuti-pelatihan-cssd-yang-diselenggarkan-oleh-hssi-provinsi-jawa-timur

4 Jun 2022

SELURUH KARYAWAN INSTALASI STERILISASI SENTRAL RSD dr. SOEBANDI MENGIKUTI PELATIHAN CSSD YANG DISELENGGARKAN OLEH HSSI PROVINSI JAWA TIMUR

Pada hari Sabtu-Selasa, tanggal 4-7 Juni 2022, seluruh karyawan Instalasi Sterilisasi Sentral RSD dr. Soebandi mengikuti Pelatihan Central Sterile Supply Department (CSSD) yang diselennggarakan oleh Himpunan Sterilisasi Sentral Indonesia Provinsi Jawa Timur ( Central Sterilization Association of Indonesia ), sehingga memiliki kompetensi terstandarisasi secara nasional. Secara umum Pelatihan CSSD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan sterilisasi alat atau bahan. Sedangkan tujuan khususnya adalah setelah mengikuti pelayihan ini diharapkan peserta mampu memahami manajemen pelayanan CSSD di Rumah Sakit, melakukan proses sterilisasi dengan baik dan benar, memahami peran dan fungsi CSSD, memahami dekontaminasi, melakukan pengendalian infeksi dan pengamanan diri, memahami teknik pengemasan, memahami metode dan prosedur sterilisasi, dan memahami cara penyimpanan dan pendistribusian alat dan bahan steril. Hal tersebut untuk menjamin mutu pelayanan sterilisasi di RSD dr. Soebandi secara paripurna.

Kurikulum Pelatihan CSSD ini, telah sesuai dengan standart program pengembangan sumber daya manusia Provinsi Jawa Timur, sehingga telah terstandart secara nasional. Terselenggaranya pelatihan ini bagi seluruh karyaean di Instalasi Sterilisasi Sentral merupakan salah satu bentuk upaya pengendalian infeksi nosokomial di RSD dr. Soebandi. Karena proses sterilisasi alat dan bahan di rumah sakit merupakan proses yang sangat penting dalam menjamin mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Hal itu sesuai dengan Visi RSD dr Soebandi yaitu "Menjadi Rumah Sakit Pendidikan Unggul dan Rujukan Nasional yang menjamin mutu serta keselamatan pasien". Khususnya pada misi yang pertama "Menyediakan sumber daya pendidikan dan pelayanan unggul" dan misi ketiga "Menghasilkan tenaga kesehatan unggul". Narasumber dalam pelatihan ini yaitu Tim Himpunan Sterilisasi Sentral Indonesia Provinsi Jawa Timur ( Central Sterilization Association of Indonesia ), sehingga telah terstandarisasi secara nasional.

Proses sterilisasi terhadap bahan dan peralatan medik yang digunakan untuk pelayanan terhadap pasien. merupakan proses pengelolaan alat atau bahan yang bertujuan untuk menghancurkan semua bentuk kehidupan mikroba termasuk endospora dan dapat dilakukan dengan proses kimia atau fisika. Kegiatan proses sterilisasi dilakukan oleh Instalasi Sterilisasi Sebagai tenaga kesehatan, diharapkan dapat berperan dalam pengendalian infeksi di Rumah Sakit. Hal ini sesuai dengan Pedoman tentang pencegahan dan pengendalian infeksi di Rumah Sakit pun diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No.27 Tahun 2017, sehingga semua alat dan bahan yang akan dipergunakan di RSD dr. Soebandi telah sesuai dengan standart dan terjamin keamanannya baik kepada pegawai, pasien serta pengunjung di RSD dr. Soebandi Jember.