• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

semarak-lomba-permainan-tradisional-dalam-rangka-memperingati-hut-ri-ke-78-di-rsd-dr-soebandi

18 Agt 2023

SEMARAK LOMBA PERMAINAN TRADISIONAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE – 78 DI RSD dr. SOEBANDI

Pada hari Kamis, 17 Agustus 2023 bertempat di area parkir RSD dr. Soebandi telah diselenggarakan kegiatan lomba permainan tradisional yang merupakan rangkaian acara peringatan HUT Republik Indonesia ke 78 di RSD dr. Soebandi. Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, merupakan salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, tak tercuali keluarga besar RSD dr. Soebandi. Pada tanggal 17 Agustus, semua orang di seluruh Indonesia merayakan hari kemerdekaan dengan meriah dan penuh sukacita. Selain upacara bendera, masih banyak rangkaian acara untuk menyambut dan memeriahkan hari jadi Indonesia, misalnya saja macam-macam lomba.

Tujuan diadakannya lomba permainan tradisional ini adalah mengenang jasa para pahlawan kesehatan serta mempererat tali persaudaraan/ silaturahmi antar keluarga besar RSD dr. Soebandi serta menanamkan sportifitas, memacu kreatifitas seluruh karyawan. Adapun jenis lomba yang telah dipersiapkan adalah lomba ular naga balon, lomba estafet bakiak, lomba estafet nyunggi tempeh, dan lomba estafet pindah tepung.

Lomba ular naga balon dilakukan oleh tim yang terdiri dari 6 orang yang berbaris ke belakang, berjalan melalui lintasan yang berkelok dengan membawa balon yang diposisikan di antara perut dan punggung setiap peserta. Apabila balon tersentuh tangan maka tim akan gugur. Pemenang adalah tim tercepat yang mencapai finish.

Lomba estafet bakiak dilakukan oleh tim yang terdiri dari 6 orang yang dibagi menjadi 2. 3 peserta pertama berjalan mulai garis start hingga ujung lintasan. 3 peserta berikutnya menunggu di ujung lintasan dan berjalan kembali menuju garis start. Pemenang adalah tim tercepat yang mencapai finish.

Lomba estafet nyunggi tempeh dilakukan oleh tim yang terdiri dari 3 peserta. Tempeh yang akan disunggi, diatasnya terdapat plastik yang berisi 1 liter air. Tempeh akan disalurkan secara estafet hingga garis finish. Pemenang adalah tim tercepat yang mencapai finish dengan membawa tempeh dan plastik berisi air di dalamnya.

Lomba estafet pindah tepung dilakukan oleh tim yang terdiri dari 6 peserta yang duduk berbaris ke belakang. Peserta menuangkan tepung kepada pemain dibelakangnya dengan mata tertutup. Saat tepung berada di peserta terakhir, seluruh peserta balik badan dan tepung dipindahkan kembali kedepan. Pemenang adalah tim yang berhasil mengumpulkan tepung terbanyak berdasarkan hasil timbangan.

Juara 1 lomba ular naga balon kategori putri diraih oleh IPKBPK, juara 2 Perinatologi grup A, juara 3 Instalasi Admisi dan Rekam Medis grup B. Juara 1 lomba ular naga balon kategori putra diraih oleh Instalasi Intensif, juara 2 Koperasi Sejahtera, juara 3 Instalasi Rawat Inap grup A.

Juara 1 lomba estafet bakiak beregu putra diraih oleh Instalasi Rawat Inap grup 2, juara 2 Instalasi Intensif, juara 3 IGD. Juara lomba estafet bakiak beregu putri juara 1 diraih oleh ruang Dahlia, juara 2 Instalasi Rawat Inap grup 3, juara 3 Instalasi Rawat Inap grup 2.

Juara 1 lomba estafet pindah tepung kategori putri diraih oleh Klinik Spesialis Gigi dan Mulut, juara 2 IGD, juara 3 Instalasi Rawat Inap. Juara 1 lomba estafet pindah tepung kategori putra diraih oleh Instalasi Intensif, juara 2 IGD, juara 3 petugas pertamanan yang berkolaborasi dengan cleaning service.

Juara 1 lomba estafet nyunggi tempeh Instalasi Bedah Sentral, juara 2 Instalasi Rawat Jalan, juara 3 Instalasi Intensif. Semoga lomba tradisional ini dapat membawa manfaat bagi seluruh karyawan RSD dr. Soebandi untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat.