• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

seminar-dan-workshop-deteksi-dan-tatalaksana-diabetes-melitus-tipe-1-pada-anak-dan-remaja

20 Mar 2023

SEMINAR DAN WORKSHOP DETEKSI DAN TATALAKSANA DIABETES MELITUS TIPE 1 PADA ANAK DAN REMAJA

Ikatan Dokter Anak Indonesia mengadakan Seminar Workshop Deteksi Dini dan Tata Laksana Diabetes Melitus Tipe 1 pada Anak dan Remaja yang merupakan bagian dari program Changing Diabetes in Children (CdiD) Indonesia yang merupakan program di bawah naungan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dengan tujuan untuk meningkatkan akses dan memberikan penanganan yang optimal bagi penyandang diabetes melitus tipe-1 dengan visi no child should die from diabetes. Seminar ini diselenggarakan dua hari, Minggu (19/03) di Hotel Aston Jember dan dihadiri oleh 155 peserta yang terdiri dari Dokter, Perawat dan Ahli Gizi se-Jawa Timur dan pada hari Senin (20/03) bertempat di RSD dr. Soebandi Jember.

Seminar pada hari pertama dimulai dengan Sambutan oleh Ketua IDAI Cabang Jawa Timur dr. H. Ahamad Nuri, Sp.A, Ketua IDI Jember Dr. Muhammad Ali Shodikin, M.Kes.Sp.A, Ketua CdiD Prof.DR.Dr. Aman B Pulungan, Sp.A (K), FAAP, FRCPI (Hon.), sambutan terakhir sekaligus pembukaan oleh Ketua UKK Endokronologi IDAI DR.Dr.Muhammad Faizi, Sp. A(K). Ada 6 pemateri pada seminar hari pertama, diantaranya dr. H. Ahmad Nuri, Sp.A, DR. Dr.Muhammad Faizi, Sp.A(K), DR. Dr. Nur Rochmah, Sp.A(K), DR. Dr. Harjoedi Adji Tjahjono, Sp.A(K), DR. Dr. Nur Rochmah, Sp.A(K), dan Dr. Khairunnisa, Sp.A, M.Biomed. Materi yang diberikan pada seminar hari pertama sebanyak 10 materi, diantaranya : Pendahuluan, Penyegaran Etik, Diagnosis DM Tipe pada Anak dan Remaja, Tata Laksana Emergensi : KAD, Tata Laksana Emergensi : Hipoglikemia, Tata Laksana Emergensi : Persiapan Operasi, Perawatan Rutin, Perawatan Jangka Panjang, Hidup Bersama Diabetes, Diabetes dengan Masa Pertumbuhan, Pengorganisasian Klinik. Acara hari pertama ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Seminar hari kedua bertempat di Aula Darusy Syifa RSD dr. Soebandi Jember, diawali dengan sambutan oleh Ketua UKK Endokrinologi IDAI, DR.Dr. Muhammad Faizi, Sp.A(K), selanjutnya sambutan dari Plt. Direktur RSD dr. Soebandi Jember, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes sekaligus membuka acara seminar hari kedua. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD dengan materi ‘Tata Laksana Diet pada DMT1 Anak dan Remaja. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok workshop, dibagi menjadi 3 yaitu Workshop 1 : Inisiasi Terapi Insulin Insulin Saat Rawat Jalan Adjustment Dosis Insulin Puasa dengan Narasumber Dr. Faisal, Sp.A(K), M.Kes, Dr. Yuni Hisbiyah, Sp.A dan DR. Dr.Muhammad Faizi, Sp.A(K) Workshop 2: Tata Laksana KAD Transisi Insulin dengan narasumber DR. Dr. Harjoedi Adji Tjahjono, Sp.A(K), Dr. Rayi Kurnia Perwitasari, Sp.A dan DR. Dr. Nur Rochmah, Sp.A(K), Workshop 3: Terapi Diet pada DM Tipe-1 dengan narasumber ibu Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD.

Topik DM menjadi sangat relevan karena masalah penyakit telah bergerser dari penyakit menular ke penyakit tidak menular (PTM). Seminar ini menjelaskan bagaimana peran sebagai pelayanan primer dalam hal promotif dan preventif maupun penanganan awal dan deteksi mengenai komplikasinya. Mudah-mudahan seminar ini akan memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga seminar seperti ini dapat dilaksanakan secara berkalanjutan pungkas Direktur RSD dr. Soebandi, dr. Lilik Lailiyah, M.Kes.