• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Kamis, 19 September 2024 : WIB

serap-aspirasi-masyarakat-tentang-pelayanan-rujukan-kanker-rsd-dr-soebandi

9 Mei 2024

SERAP ASPIRASI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN RUJUKAN KANKER RSD dr. SOEBANDI

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari 2024, pada hari ini Selasa 20 Februari 2024 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan kegiatan Serap Aspirasi Masyarakat Tentang Pelayanan Rujukan Kanker. Kegiatan yang berlangsung di ruangan Aula Masjid Darusy Syifa RSD dr. Soebandi ini dihadiri oleh Dra. Hj. Kasih Fajarini selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jember; Wakil Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jember Hj. Ervita Afdilah Sari beserta pengurus Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jember; dr. Hendro Soelistijono, MM. M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember; Ketua beserta pengurus Dharma Wanita Persatuan RSD dr. Soebandi; perwakilan pasien kanker yang menjalani pengobatan di RSD dr. Soebandi; serta jajaran manajemen RSD dr. Soebandi. Kegiatatan diawali dengan pertunjukan tarian yang dibawakan oleh karyawati RSD dr. Soebandi. Kegiatan ini terselenggara dengan adanya kerjasama antara RSD dr. Soebandi dengan Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jember, PT. Ferron Par Pharmaceuticals Oncology & PT. Global Oncolab Farma.

Plt. Direktur RSD dr. Soebandi Jember, dr. Lilik Lailiyah M.Kes dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas rawuhnya Ketua YKI Cabang Jember dan segenap undangan yang hadir. Kegiatan ini terinsipirasi dari semakin banyaknya pasien kanker di RSD. dr Soebandi dan tersedianya layanan kanker di RSD dr. Soebandi Jember yang didukung oleh dokter yang ahli di bidangnya, yaitu dr. Lukman Oktadianto, Sp.A (K) selaku Dokter Spesialis Anak Subspesialis Hematologi Onkologi Anak Konsultan dan dr. Primanto Bhakti., Sp. B (K) Onk selaku Dokter Spesialis Bedah Onkologi Konsultan. Kegiatan ini dimulai tahun lalu pada 30 Juli 2023 di Hotel Royal, dan tahun ini diadakan di RSD dr. Soebandi agar peserta serap aspirasi dapat lebih mengenal area sekitar RSD dr. Soebandi.

Kegiatan serap aspirasi kali ini selain dilaksanakan untuk memperingati Hari Kanker Sedunia dan Hari Kanker Anak Sedunia juga untuk merangkul sejumlah 50 orang pasien kanker untuk dapat menyampaikan saran terkait pelayanan kanker di RSD dr. Soebandi untuk perbaikan mutu layanan di masa yang akan datang. Beliau juga menyampaikan bahwa, kini RSD dr. Soebandi telah bisa memberikan pelayanan Hematologi Onkologi Anak mulai dari mendiagnosa hingga pengobatan.

dr. Hendro Soelistijono, MM. M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada RSD dr. Soebandi yang kembali mengadakan serap aspirasi layanan kanker mengingat penyakit kanker dapat dengan segera mendegradasi kehidupan masyarakat apabila diabaikan. Perlu upaya penanganan bahkan pencegahan secara dini. Edukasi yang tepat dan peran serta dari berbagai pihak termasuk para pasien kanker sendiri sangat berguna bagi masyarakat, karena pasien kanker telah mengalami sendiri kondisi ini sehingga dapat lebih dipercaya oleh masyarakat dalam memberikan edukasi. Beliau juga memberikan semangat bagi para penderita kanker agar tetap bersemangat dalam menjalani pengobatan.

Dra. Hj. Kasih Fajarini selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jember berkesempatan untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan kali ini. Beliau menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. Beliau memberikan semangat kepada seluruh peserta yang hadir dengan sharing pengalaman dan memberikan saran untuk perbaikan mutu layanan RSD dr. Soebandi.

Berikutnya adalah pembagian tali asih kepada keluarga pasien kanker dan dilanjutkan dengan senam peregangan pasien kemoterapi.Dalam kegiatan ini juga ada sesi pemaparan materi edukasi, sosialisasi alur rujukan pelayanan kanker yang dilanjutkan tanya jawab dengan dokter yang ahli di bidang onkologi, yaitu dr. Primanto Bhakti., Sp. B (K) Onk dan dr. Lukman Oktadianto, Sp.A (K). Peserta sangat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh para dokter dan berkonsultasi mengenai informasi terkait penyakit kanker dan alur rujukan pelayanan kanker di RSD dr. Soebandi. Selain itu peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran dan masukan terkait penyelenggaraan layanan kanker di RSD dr. Soebandi. Peserta berharap agar kegiatan ini dapat diselenggarakan kembali di lain waktu.

Semoga dengan adanya kegiatan ini pasien kanker mendapatkan informasi yang cerdas dan akurat dari para ahli mengenai penyakit kanker, dan semoga saran yang telah diberikan oleh pasien kanker dapat menjadi bahan evaluasi manajemen RSD dr. Soebandi untuk perbaikan mutu layanan di masa yang akan datang.