• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Sabtu, 21 September 2024 : WIB

tenaga-kesehatan-di-rsd-dr-soebandi-diberikan-vaksinasi-covid-19-dosis-4-booster-ke-2

8 Agt 2022

TENAGA KESEHATAN DI RSD dr. SOEBANDI DIBERIKAN VAKSINASI COVID-19 DOSIS 4 BOOSTER KE-2

Pada hari Senin tanggal 8 Agustus 2022, RSD dr. Soebandi melaksankan vaksinasi Covid-19 Dosis ke-4 Booster Ke-2 kepada seluruh pegawainya secara bertahap. Pada hari pertama yang dilaksanakan pada Jumat, 5 Agustus 2022 telah dilakukan vaksinasi kepada 222 orang dengan jenis vaksin Moderna dan 5 orang dengan jenis vaksin Pfizer, hal itu masih sekitar 22% dari seluruh pegawai. Dan hari ini merupakan pelaksanaan hari kedua. Vaksinasi ini merupakan vaksinasi dosis ke-4 dan merupakan vaksinasi booster yang kedua bagi pegawai RSD dr. Soebandi Jember. Hal tersebut dilakukan agar tercipta kekebalan komunitas di lingkungan RSD dr. Soebandi yang merupakan rumah sakit rujukan Covid-19, karena seluruh pegawai di rumah sakit memiliki resiko yang cukup besar terinfeksi Covid-19. Hal itu untuk mencegah terjadinya peningkatan infeksi nosokomial yang berasal dari rumah sakit, maka seluruh pegawai diwajibkan mendapatkan vaksin Covid-19.

Pada kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh tim vaksinator dari RSD dr. Soebandi ini, diberikan jenis vaksin Moderna dan Pfizer. Tampak pegawai RSD dr. Soebandi hadir di gedung lantai 4 yang merupakan area terbuka. Kesadaran pentingnya vaksinasi Covid-19 ini juga tidak terlepas dari peristiwa pandemi Covid-19 yang telah merenggut beberapa pegawai RSD dr. Soebandi yang gugur sebagai Pahlawan Kemanusiaan saat pandemi Covid-19 terjadi. Hal itu membuat seluruh karyawan sadar akan pentingnya vaksinasi Covid-19. Turunnya angka kesakitan dan kematian karena Covid-19 juga dirasakan oleh masyarakat dan juga pegawai RSD dr. Soebandi. Dan semua itu tidak dapat tercapai tanpa kerja keras dari semua pihak, salah satunya adalah kerja keras seluruh pegawai RSD dr. Soebandi yang telah memberikan pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit rujukan Covid-19, dimana pegawainya harus bergerilya merawat pasien yang terinfeksi Covid-19. Untuk itulah pelaksanaan imunisasi booster Covid-19 memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan komunitas.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Tim COV-Boost, booster kedua ini efektif meningkatkan level antibodi dan imunitas tanpa timbulkan KIPI yang berat. Booster kedua dosis keempat ini dapat dilakukan dengan jarak dari 6 bulan atau lebih dari booster pertama dosis ketiga. Hal tersebut mempertimbangkan banyaknya jumlahtenaga kesehatanyang terinfeksiCovid-19dan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) berdasarkan surat nomor ITAGI/SR/11/2022 tanggal 27 Juni 2022, maka direkomendasikan adanya upaya untuk memberikan vaksinasiCovid-19dosisboosterke-2 dosis ke-4 bagitenaga kesehatan. SehinggaKementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mulai memberikan vaksinasi tahapke-4pada Jumat, 29 Juli 2022 bagi 1,9 juta orangtenaga kesehatan. Begitu juga seluruh tenaga kesehatan di RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, mendapatkan vaksinasi ini yang dilaksanakan secara bertahap kepada seluruh pegawai sesuai dengan jadwal dinas sehingga tidak mengganggu pelayanan kepada pasien yang dimulai pada tanggal 5 Agustus 2022 sampai tercapai seluruh pegawai di RSD dr Soebandi mendapatkan vaksinasi agar tercipta kekebalan komunitas.