• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

tim-uji-klinis-vaksin-inavac-rsd-dr-soebandi-menerima-piagam-penghargaan-kontribusi-uji-klinis-dalam-apel-pagi-hari-senin

6 Feb 2023

TIM UJI KLINIS VAKSIN INAVAC RSD DR. SOEBANDI MENERIMA PIAGAM PENGHARGAAN KONTRIBUSI UJI KLINIS DALAM APEL PAGI HARI SENIN

Jember (06 Februari 2023) ---- Tim Vaksin Merah Putih dan Wadir SDM Diklit RSD dr. Soebandi hari ini menyerahkan piagam penghargaan dari Rektor Universitas Airlangga kepada Plt Direktur RSD dr. Soebandi. Penghargaan ini diberikan kepada RSD dr. Soebandi atas kontribusi signifikan sebagai RS Site dalam mendukung pelaksanaan Uji Klinis Fase 3 Vaksin Merah Putih (INAVAC).

Vaksin Merah Putih atau INAVAC dengan platform inactivated virus yang dikembangkan oleh tim penelitia Universitas Airlangga Surabaya dinyatakan telah rampung. Vaksin Merah Putih tersebut sudah bisa digunakan untuk vaksinasi penyakit Covid-19.

Vaksin Merah Putih merupakan produk vaksin dalam negeri hasil kolaborasi Universitas Airlangga (UNAIR) dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia. Vaksin Merah Putih ini juga telah bersertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag tertanggal 8 Februari 2022.

RSD dr. Soebandi sebagai Site Perluasan pelaksanaan Uji Klisis Fase 3 Vaksin Merah Putih telah melaksanakan vaksin kepada 504 subjek penelitian yang telah dilakukan selama Bulan Juli Desember. Syarat untuk menjadi subjek penelitian Vaksin Merah Putih diantaranya adalah sehat jasmani dan rohani, belum pernah mendapatkan Vaksin sama sekali dengan dibuktikan di aplikasi Perduli Lindungi bahwa subjek belum pernah mendapatkan vaksin.

Vaksin Pertama dilakukan pada bulan Juli 2022, selanjutnya Vaksin Kedua pada bulan Agustus, setelah itu hanya dilakukan kunjungan oleh subjek penelitian untuk memeriksakan kesehatan dan menyampaikan apabila ada keluhan dari subjek. Untuk subjek yang memiliki keluhan akan langsung ditangani oleh petugas kesehatan di RSD dr. Soebandi Jember, ada beberapa subjek yang juga mendapatkan penanganan dan obat dari RSD dr. Soebandi secara gratis, karena memang seluruh subjek Vaksin Merah Putih ini memperoleh asuransi kesehatan yang dapat digunakan di RSD dr. Soebandi.

RSD dr. Soebandi bangga dapat menjadi bagian dari Vaksin Merah Putih yang tentunya ini merupakan kontribusi yang tidak kecil bagi bangsa dan negara, terutama dalam penanganan Covid-19.