• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Minggu, 8 September 2024 : WIB

vaksinasi-hepatitis-b-karyawan-rsd-dr-soebandi-dalam-upaya-perlindungan-terhadap-healthcare-associated-infections-hais

26 Jun 2024

VAKSINASI HEPATITIS B KARYAWAN RSD dr. SOEBANDI DALAM UPAYA PERLINDUNGAN TERHADAP HEALTHCARE ASSOCIATED INFECTIONS (HAIs)

Hepatitis B merupakan suatu penyakit infeksi pada organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (HBV) dan beresiko tinggi menyebabkan kematian akibat hepatitis kronik, sirosis, dan kanker hati. Sebagai bentuk komitmen RSD dr. Soebandi dalam melindungi karyawan dari terpaparnya HAIs, pada hari Selasa 25 Juni 2024 RSD dr. Soebandi menyelenggarakan vaksinasi bagi karyawan yang berpotensi terpapar infeksi nosokomial.

Hepatitis B ditularkan melalui kontak darah dan kontak cairan tubuh dari orang yang terinfeksi virus hepatitis B. Tenaga medis dan tenaga kesehatan merupakan salah satu populasi yang memiliki risiko tinggi terpapar dengan darah dan cairan tubuh yang terinfeksi virus hepatitis B dan juga berpotensi menularkan virus hepatitis B kepada pasien.

RSD dr. Soebandi telah memiliki Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) yang salah satu program kerjanya adalah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi bagi karyawan beresiko. Program vaksinasi terhadap karyawan juga termasuk dalam salah satu program Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS). Sejumlah 30 orang karyawan RSD dr. Soebandi yang berasal dari Instalasi Sterilisasi Sentral dan Laundry telah mendapatkan suntikan vaksin Hepatitis B dosis ke dua, dan 1 orang mendapatkan vaksin dosis pertama. Selanjutnya karyawan yang beresiko akan mendapatkan vaksin secara bertahap dan menyeluruh.

Dengan pemberian vaksin Hepatitis B, diharapkan dapat memberikan perlindungan bagi karyawan RSD dr. Soebandi dari resiko terpaparnya penyakit Hepatitis B, serta dapat mencegah resiko menjadi sumber penularan bagi orang lain di sekitar.