• Pelayanan Poliklinik : Senin - Jumat 8:00 - 16:00 WIB

Jumat, 20 September 2024 : WIB

visitasi-pendidikan-dokter-spesialis-di-rsd-dr-soebandi-ppds-bedah-fk-unej-siap-dibuka

20 Mar 2023

VISITASI PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS DI RSD dr. SOEBANDI, PPDS BEDAH FK UNEJ SIAP DIBUKA

Pada hari Sabtu, 18 Maret 2023, Kolegium Ilmu Bedah Indonesia (KIBI) melakukan visitasi ke RSD dr. Soebandi sebagai tahapan dalam rangka pendirian Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis -1 (PPDS-1) Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran UNEJ. Visitasi dilakukan oleh 4 visitor dari Kolegium Ilmu Bedah Indonesia yaitu: dr. Bermansyah, Sp.B.FCSI., BTKV(K).V.E; dr. Nurcahya Setyawan, Sp.B.Subsp.B.D.(K); Dr. dr. Ibrahim Labeda, Sp.B .Subsp.B.D.(K)FCSI; dan dr. Achmad Yani, Sp.B.Subsp.Ped.(K). dan dihadiri oleh Ketua Departemen Ilmu Bedah FK UNAIR, Ketua PP Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia, Rektor Universitas Jember, DR. IR. Iwan Taruna, M. ENG, IPM.,Wakil Rektor 1 Universitas Jember, Wakil Rektor 2 Universitas Jember, Dekan Fakultas Kedokteran Jember, Tim Task Force FK UNEJ, dr. Wiwik Supartiwi, M. Kes selaku Wadir SDM dan Diklit RSD dr. Soebandi, Sri Rahayu Wilujeng, SE, MM selaku Wadir Umum dan Keuangan RSD dr. Soebandi serta perwakilan dari rumah sakit satelit yang berasal dari RSD Balung, RSUD Kalisat, RSUD dr. H. Koesnadi dan RSUD dr. Haryoto.

Acara diawali dengan penampilan tari agromedis oleh ARTERI FK UNEJ dan dilanjutkan dengan acara sambutan. Sambutan yang pertama dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes, Sp. BP-RE (K) yang menyampaikan bahwa pendirian Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis -1 (PPDS-1) Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran UNEJ ini akan menjadi sejarah bagi Jember dan khususnya FK Unej dan RSD dr. Soebandi sebagai rumah sakit pendidikan, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Departemen Ilmu Bedah FK UNAIR. Beliau mengatakan bahwa FK UNAIR siap membantu FK UNEJ dalam persiapan PPDS Bedah.

Dalam sambutannya, dr. Wiwik Supartiwi, M. Kes yang mewakili Direktur RSD dr. Soebandi menyampaikan sambutan Bupati Jember, bahwa pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Bedah di Universitas Jember sangat strategis guna pengembangan kualitas perguruan tinggi dan peningkatan bidang kesehatan di Indonesia. Kegiatan visitasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat kelayakan FK UNEJ dan Rumah Sakit Pendidikan yaitu RSD dr. Soebandi, sekaligus unuk memberikan rekomendasi oleh Kolegium Ilmu Bedah Indonesia untuk pendirian program tersebut. Beliau berharap agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diinginkan.

Selanjutnya, Rektor UNEJ, DR. IR. Iwan Taruna, M. ENG, IPM. juga menyampaikan dukungannya terhadap Fakultas Kedokteran UNEJ untuk mendirikan PPDS-1 Ilmu Bedah dimana keberadaan dokter bedah di Indonesia masih sangat dibutuhkan, tidak hanya jumlah namun juga aspek pemerataannya di daerah-daerah. Selanjutnya dilakukan telusur lapangan, dengan mengunjungi ruangan-ruangan yang akan digunakan pada saat pembelajaran dan pendidikan seperti ruang diskusi, ruang kuliah, kamar jaga dan lain sebagainya untuk meninjau kelayakan fasilitas di RSD dr. Soebandi. dr. Bermansyah, Sp.B. FCSI. dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungannya terhadap rencana pendirian PPDS -1 Ilmu Bedah tersebut, bahkan fasilitas di RSD dr. Soebandi dinilai sudah cukup untuk menerima calon Residen Bedah. Begitupun dengan kasus yang ada di RSD dr. Soebandi dirasa cukup memenuhi kompetensi Residen PPDS Bedah.